Memperbaiki Printer Canon ip1880 Menarik Kertas yang Banyak

Pernahkan anda menjumpai kondisi seperti judul diatas? pada saat mau ngeprint kertasnya masuk secara miring atau bahkan semua kertas yang ada di tray masuk semua tanpa basa-basi, he….Biasanya hal tersebut terjadi pada printer jenis canon. Walaupun printer lain juga banyak yang kaya gitu, tetapi kebanyakan memang terjadi pada printer canon. Jika ternyata hal tersebut terjadi pada printer anda, maka jangan buru-buru bawa ke tukang service, karena sebenarnya anda bisa memperbaiki sendiri, dengan syarat anda mau sedikit berusaha membongkar printer yang rusak tersebut.

Printer yang rusak tersebut diakibatkan karena as pada role karet patah. Hal ini yang menyebabkan printer tidak bisa bekerja secara sempurna. Bahkan kadang kala printer malah tidak mau menarik kertas sama sekali. As penggulung tersebut memang terbuat dari plastik, jadi sangat mudah dan potensi untuk patah sangat besar.

Untuk mengatasinya bongkar Printer tersebut, lepaskan casing / body plastic.
Perhatikan baut/skrup yang mengunci casing, kemungkinan ada yang tetutup body lain (tersembunyi) terutama yg berseri MP.
Perhatikan juga klemnya yang tebuat dari plastic, jika ada congkel perlahan-lahan dengan Obeng. Hati-hati jangan sampai patah.
Sesudah casing/body plastic dilepas akan terlihat karet penarik kertas beserta plastiknya, lalu buka skrup sensor kertas.Jangan lupa melepaskan Per penekan kertas. Perhatihan gambar berikut:















Untuk mengganti as yang patah, sebaiknya qta gunakan skrup (gunakan skrup kecil yah) agar dapat bertahan lebih lama


 
klo udah, pasang kembali pemutar kertasnya pada posisi semula dan silahkan dicoba printnya, insya Allah akan berfungsi dengan baik lagi....

Artikel yang berkaitan



15 komentar:

Anonim mengatakan...

mantab dan jelas bro.. trims

ogy71 mengatakan...

trims

Anonim mengatakan...

Wihhh...ini yg paling jelas..
Makasi banyak gan.

Cipta kreativa mengatakan...

sangat bagus tutorialnya smoga brmanfaat untk smuanya

BANDAROSATI mengatakan...

Terima kasih selamat dah fulus gua 600 rebu....

Adhe Edogawa mengatakan...

kalo gak patah tapi narik kertas banyak,mslhnya di mn y??

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak.

Ivancious mengatakan...

Makasih bang tutorialnya, bisa di jalankan meski saat menarik karet penarik kertas sempat patah, namun masalah berhasil diatasi, print kembali normal....

Anonim mengatakan...

mantap gan,..tutornya ,kalau yg lain pd di bikin ebook lah harus beli lah .agan full open plus ss nya sip lanjutkan..

KangCoro mengatakan...

Terima Kasih gan .... IP 1880 ane selamat akhirnya ..... Sebagai Tambahan sewaktu mencabut As nya agak susah gan .. butuh kekuatan untuk mencabut As nya dari Gear .... ... Ane tambahin lagi .. IP 1880 baut untuk buka cuma ada 2 biji gan (Letaknya di Bawah, deket tempat keluar kertas, tutup printernya dibuka dulu baru keliatan) ... sisanya berupa Klep Klep yang udah dikasi tanda sama pihak Canon (TANDA SEGITIGA, adanya di belakang sama di samping) ...

Unknown mengatakan...

makasih bos.. ampuh deh tips'a.. hehehehehe

Pinangsori Nauli mengatakan...

pas bgt ma Masalah Printer Gw

ulin mengatakan...

trims cak

Unknown mengatakan...

Mantap, terima kasih......

Wardiana Dhana mengatakan...

Terima kasih gan. Sangat bermanfaat, semoga dapat pahala berlipat ganda. Aamiin 😊

Posting Komentar